Comscore Tracker

Rekomendasi Lokasi Liburan Anti Mainstream untuk Long Weekend

Indonesia kaya akan tempat wisata menarik!

JAKARTA, Indonesia—Bicara tempat liburan terbaik di Indonesia memang tak ada habisnya. Dan kali ini Priceza Indonesia mencoba merangkum beberapa lokasi liburan yang menarik. Tak hanya Bali atau Lombok, Indonesia kaya akan tempat wisata menarik yang sudah didukung dengan sarana transportasi lengkap sehingga memudahkan semua orang untuk eksplorasi tempat tersebut.

Buat kamu yang bingung memilih tempat terbaik untuk liburan di long weekend ini, berikut terdapat 4 tempat wisata anti mainstream di Indonesia yang wajib kamu kunjungi, termasuk daftar perlengkapan yang wajib kamu bawa! Apa saja?

Dieng Plateu, Jawa Tengah

Ingin melihat suasana dramatis dari savanah dan keindahan sunrise dari ketinggian 2.093 mdpl? Tentunya, kamu wajib mendatangi Dieng Plateu. Diapit oleh kabupaten Wonosobo dan kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, kamu bisa melihat 17 objek wisata sekaligus dari tempat ini.

Utamanya, kamu bisa melihat panorama alam seperti Golden Sunrise, telaga warna dengan warna air yang sering berubah-ubah, kawah Sikidang, kompleks candi Hindu yang dibangun pada abad ke-7 Masehi, bahkan Tuk Bima Lukar berupa mata air dari Sungai Serayu.

Berada di ketinggian, tentunya Dieng Plateu memiliki udara yang dingin. Dengan suhu udara yang berkisar antara 12 sampai 20°C di siang hari dan 6 sampai 10°C di malam hari, kamu wajib membawa perlengkapan seperti jaket tebal, syal, sarung tangan dan kaca mata hitam untuk dipakai saat siang hari. 

Mentawai, Sumatera Barat

Doyan berselancar? Selain Bali, kamu bisa mendatangi Mentawai yang berlokasi di jarak 150 km lepas pantai Pulau Sumatera dan bisa ditempuh dengan transit di kota Padang. Termasuk dalam rangkaian pulau non-vulkanik, Mentawai memiliki 400 titik surfing dan 150 titik ombak yang bisa kamu datangi. Dengan gulungan ombak yang mencapai ketinggian 3 meter, tak heran bahwa Mentawai menjadi ikon tempat berselancar kelas internasional.

Tak hanya ideal didatangi oleh kamu yang doyan berselancar, kamu yang menyukai aktivitas lain di pantai bisa mendatangi banyak spot menarik di Mentawai. Beberapa pantai indah yang wajib kamu datangi saat ke Mentawai seperti Pantai Katiet, Pantai Mapadeggat, Pantai Makakang dan Pantai Bosua.

Berlibur ke pantai, tentunya kamu wajib menyiapkan peralatan khusus. Untuk kamu yang berniat melakukan surfing, kamu wajib menyiapkan peralatan surfing seperti fins, boardsurf, wax, leash, dan pakaian khusus untuk berselancar.

Tanjung Lesung, Banten

Tanjung Lesung disebut sebagai Bali yang berlokasi di Banten. Tempat ini memiliki panorama alam indah dan sangat layak untuk kamu datangi saat akhir pekan karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta.

Dirancang khusus oleh pengelola agar mirip dengan Bali, Tanjung Lesung memiliki bagian laut yang menjorok ke pantai dengan kedalaman sekitar 5 meter. Dengan air yang sangat tenang dan tidak diterpa angin keras, tempat ini sangat aman untuk dikunjungi semua anggota keluarga.

Tak hanya itu, ada banyak tempat wisata lain yang bisa kamu datangi saat berkunjung ke Tanjung Lesung, seperti Kampung Cipanon yang penduduknya sebagian besar berprofesi sebagai pengrajin. Lokasi lainnya, kamu bisa mendatangi kawasan sekitar Cagar Alam Ujung Kulon dan Gunung Anak Krakatau.

Berwisata ke pantai, tentunya kamu memerlukan peralatan khusus seperti pakaian pantai, sunblock, sandal dan kacamata hitam. Sementara jika kamu menyukai aktivitas diving, kamu bisa menyewa peralatan diving lengkap yang terdapat di area Tanjung Lesung.

Benteng Kura-kura dan Pulau Tikus, Bengkulu

Di Bengkulu, terdapat beberapa objek wisata anti-mainstream yang layak kamu kunjungi saat liburan. Pertama adalah Benteng Kura-kura yang memiliki bangunan mirip kura-kura dengan pintu utama yang dikelilingi oleh parit namun dapat dilalui lewat jembatan. Memiliki pintu keluar bawah tanah yang pernah digunakan semasa perang, benteng ini dibangun saat masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet dan memiliki luas lebih dari 44 ribu meter persegi.

Obyek wisata lain di Bengkulu adalah Pulau Tikus. Berlokasi sekitar 10 kilometer dari pusat kota, Pulau Tikus memiliki luas berukuran 2 hektar. Meskipun kecil, namun pulau ini memiliki pemandangan yang sangat menawan, air yang bersih serta banyaknya terumbu karang yang berada di sekitar pulau ini.

Ideal untuk dijadikan tempat memancing dan snorkling, kamu wajib membawa peralatan untuk mendukung aktivitas tersebut. Selain itu, Pulau Tikus pun memiliki fenomena alam lain karena berbagai jenis unggas seperti bangau hitam, penyu dan burung dara laut kerap berkumpul di pulau ini sebagai tempat pulang.

Empat destinasi wisata diatas wajib kamu datangi bersama keluarga atau orang tersayang saat liburan. Jika tertarik, tidak ada salahnya kamu mencari tiket pesawat, booking hotel dan menyiapkan perlengkapan liburan seperti pakaian dan personal care seperti sunblock dari sekarang! —Rappler.com

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Rappler Indonesia dengan Priceza Indonesia

 

Topic:

Just For You