JAKARTA, Indonesia — Mencicipi ramen otentik dari Jepang menjadi pengalaman yang menarik. Dengan semakin banyaknya restoran ramen asli Jepang yang buka di Indonesia, semakin banyak pilihan yang bisa kita coba.

Tetapi ramen asli Jepang sering kali mengandung daging babi dan kebanyakan orang Indonesia tidak bisa memakannya karena alasan religius. Oleh karena itu restoran Ippudo mengeluarkan beberapa pilihan ramen ayam yang hanya tersedia di cabang Ippudo yang berada di Indonesia.

Saat ini Ippudo telah memiliki dua gerai di Jakarta, yakni di Central Park dan Pacific Place dan keduanya memiliki tiga jenis kaldu ramen ayam yang bisa dipilih yaitu Chicken Miso Ramen, Hojun Shoyu Chicken Ramen, dan Hojun Spicy Chicken Ramen.

Rappler berkesempatan mencoba salah satu menu ramen ayam yang tersedia di Ippudo Pacific Place yaitu Hojun Spicy Chicken Ramen. Ramen ini menggunakan kaldu shoyu, tetapi ditambah dengan sambal. Di atas mie diletakkan beberapa topping seperti potongan dada ayam, naruto, rebung, dan nori.

SAKSIKAN: Icip-Icip Edisi Ramen Ayam Ippudo IndonesiaIppudo juga menyajikan menu ramen ayam. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler

Hojun Spicy Chicken Ramen memiliki kaldu dengan rasa gurih yang sangat kuat meskipun sudah diberi sambal. Sambal yang diberikan juga cukup pedas sehingga sangat menggugah selera. Kuah shoyu yang bening, ditambah dengan minyak cabai dan sambal, membuat rasa gurih dan pedas yang seimbang seolah tercampur menjadi satu. Rasanya sangat nikmat!

Simak selengkapnya dalam video berikut:

Loading video...

Pengunjung yang tidak makan daging babi tidak perlu khawatir karena Ippudo menjamin seluruh menu ayam mereka benar-benar 100 persen bebas daging babi. Mereka memisahkan dapur dan peralatan makan dari menu pork dan ayam. Sumpit, sendok, dan mangkok didesain khusus untuk masing-masing menu agar tidak tertukar.

Jadi, selamat makan!

—Rappler.com