Comscore Tracker

Mengapa Memilih Membawa Bekal Daripada Jajan di Luar?

Apakah menghemat satu-satunya alasan?

JAKARTA, Indonesia — Bagi pegawai kantoran, salah satu pengeluaran terbesar yang sulit dihindari sehari-hari adalah pengeluaran untuk membeli makan siang. Di beberapa lokasi perkantoran, tidak mudah mendapatkan makan siang yang sesuai dengan kantong. Oleh karena itu, ada yang lebih memilih untuk membawa bekal makan siang ke kantor. Tapi apakah menghemat adalah satu-satunya alasan seseorang membawa bekal?

Tidak banyak pilihan makanan

Bekerja di lokasi yang sama setiap 5 hari dalam satu minggu, tentu membuat pilihan makanan yang tersedia di kantin kantor menjadi terbatas. Meskipun misalnya ada banyak penjual dan menu yang ditawarkan, tetapi tetap saja setelah ratusan hari kita akan merasa bosan.

Hal ini yang menjadi alasan bagi Grace Cornelia, seorang pegawai swasta di Jakarta, memilih untuk membawa bekal setiap hari. “Di kantin kantorku makanannya enggak banyak pilihan,” tuturnya saat dihubungi Rappler pada Rabu, 11 April. 

Dari rumah, Grace bisa memilih lauk apa yang ingin dibawanya hari ini, meskipun memang akhirnya harus menyisihkan sedikit waktu lebih untuk bersiap-siap sebelum berangkat ke kantor. “Sekitar lima sampai 10 menit menyiapkannya,” katanya.

Grace terbiasa membawa makanan yang disiapkan sendiri, atau membeli lauk dari warung sekitar rumahnya karena lebih murah.

Pengalaman Athina Triyananda, seorang pegawai LSM di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, sedikit berbeda. Ia hanya membutuhkan waktu lima menit untuk menyiapkan bekal yang akan dibawa ke kantor. “Karena kan saya kalau bawa bekal itu pasti makanan yang memang sudah jadi, sudah dimasak. Jadi enggak mengitung waktu masaknya lagi.”

Athina juga tidak membutuhkan waktu untuk menghangatkan makanan karena di kantornya tersedia alat penghangat makanan.

Athina juga memiliki alasan yang sedikit berbeda dari Cornelia. Terkadang ia lebih suka membawa bekal karena malas keluar kantor saat waktu istrahat tiba. “Kalau orang-orang lagi pada ke lapangan terus saya di kantor, itu saya lebih suka bawa bekal karena enggak perlu keluar cara makan sendiri.”

Tetapi jika banyak rekan kerjanya yang berada di kantor, Athina lebih suka mencari makan siang di luar karena makanannya cenderung lebih fresh.

Mengapa Memilih Membawa Bekal Daripada Jajan di Luar?Ilustrasi oleh Rappler

Menghemat tetap jadi alasan utama

Memang ada alasan lain mengapa Athina dan Cornelia memilih untuk membawa bekal, tetapi menghemat memang tetap menjadi alasan yang utama. Cornelia mengaku bisa menghemat setengah pengeluarannya karena membawa bekal dari rumah.

“Kalau untuk uang makan saja bisa menghemat sampai segitu,” katanya.

Sementara Athina sering membawa bekal saat uang bulanannya mulai menipis karena bisa menghemat dalam jumlah yang cukup besar.

“Kalau seminggu full bawa bekal itu bisa menghemat 150 ribu. Hitungan per harinya sekitar 30-35 ribu.”

Kalau kamu, lebih suka membawa bekal atau beli makan siang di kantor? —Rappler.com

Line IDN Times

Topic:

Just For You