JAKARTA, Indonesia — Jelang tahun baru Imlek, pecinta film disuguhi film feature pertama dari sutradara Sidi Salim berjudul Pai Kau. Film produksi Archipelago Pictures ini memberikan nuansa baru bagi perfilman Indonesia karena mengangkat tema drama-thriller-suspense yang masih belum banyak diproduksi di Indonesia.

Film ini melibatkan banyak wajah baru di layar lebar, antara lain aktor asal Taiwan Anthony Xie, Irina Chiu yang juga merupakan produser, serta Ineke Valentina yang sebelumnya pernah bermain dalam film Cai Lan Gong (2015).

Pai Kau akan mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 8 Februari dan diperuntukkan bagi penonton berusia 17 tahun ke atas karena beberapa adegan sadis, darah, dan tampilan yang cukup vulgar.

Ringkasan Cerita

Film Pai Kau dimulai dengan adegan Siska (Ineke Valentina) yang sedang berbincang dengan  teman-teman satu kost-nya. Secara tidak sengaja, Siska mendengar kabar bahwa mantan kekasihnya, Edy (Anthony Xie) akan menikah dengan Lucy (Irina Chiu). Karena sudah lama tidak mendengar kabar dari Edy yang menghilang tanpa jejak, akhirnya Siska memutuskan untuk datang ke pernikahan tersebut meskipun tidak diundang. Siska punya satu misi, yaitu membalaskan dendamnya kepada Anthony sebenarnya adalah seorang pria hidung belang.

Loading video...

Kemunculan Siska yang datang tak diundang mengagetkan Anthony. Ia pun mengancam Siska agar tidak mengacaukan acara besarnya itu. Terlebih karena pengantin wanita Lucy merupakan anak dari mafia yang terbiasa menghalalkan segala cara dalam bisnisnya.

Kombinasi dari kemunculan Siska secara tiba-tiba, skandal masa lalu yang ingin dikubur dalam-dalam oleh Anthony, serta mimpi Lucy yang ingin pernikahan impiannya berjalan dengan sempurna, membuat hari bahagia harus berakhir dengan tragis.

Highlights

Pai Kau berhasil menggambarkan budaya Tionghoa di Indonesia dengan baik, khususnya dalam hal upacara pernikahan. Adegan demi adegan dilangsungkan dengan sangat memperhatikan detail, mulai dari pemberkatan, tradisi tea pai, hingga resepsi yang megah. 

Karena perhatian pada detail yang sangat baik, penonton akan merasa seolah-olah benar-benar menyaksikan rangkaian acara pernikahan Tionghoa.

Selain itu, genrethriller-suspense seperti ini memang masih jarang dibuat oleh sineas Indonesia. Film ini berhasil memberikan ketegangan hingga akhir film, terutama karena plot twist yang tidak terduga.

Film ‘Pai Kau’ Hadirkan Nuansa Baru Jelang Imlek

Kelemahan

Banyaknya aktor baru yang bermain mungkin bisa jadi kelemahan yang paling terasa sepanjang film, khususnya di paruh pertama film. Tak hanya para pemain utama, tetapi juga para pemain pendukung. Banyak adegan yang terasa janggal dan kurang believable, namun pada paruh kedua akting para pemain mulai terasa lebih natural.

Rating

6,5/10

Rekomendasi

Loading video...

Film ini cukup menarik untuk disaksikan bagi penggemar drama suspense karena jalan cerita yang disajikan cukup menegangkan. Pai Kau juga patut disaksikan bagi yang penasaran dengan budaya Tionghoa, khususnya rangkaian upacara pernikahan Tionghoa yang terdiri dari beberapa acara. Namun bagi yang sensitif dengan darah dan pembunuhan yang sadis, mungkin film ini akan terasa menakutkan.

—Rappler.com